Sosialisasi Konsep dan Teori Pelayanan Prima oleh Rektor IISIP YAPIS Biak

(Biak, 28/11/2023) - Pertemuan Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Prima yang diselenggarakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Biak di Hotel Asana dengan jumlah peserta sebanyak 61 orang melalui metode secara luring dan daring melalui aplikasi zoom meeting. Kamis (28/11/2023) sosialisasi dengan metode luring dihadiri oleh para stakeholder, pengguna jasa dan pegawai KKP sedangkan metode daring dihadiri oleh pegawai KKP yang berada di wilayah kerja di luar pulau Biak.
Dr. Hermanu Iriawan (Rektor IISIP YAPIS Biak) mengatakan “Pelayanan prima memiliki arti memberikan pelayanan yang sangat baik kepada masyarakat. Ini melibatkan respons yang cepat, kemampuan untuk memenuhi kebutuhan individu, dan penggunaan pendekatan yang berorientasi pada pelanggan” Saat ini kita ketahui, komunikasi efektif merupakan salah salah satu bentuk pelayanan yang tersampaikannya gagasan, pesan dan perasaan kepada penerima untuk mengubah tingkah laku dan sesuai harapan, tegasnya. Namun jika komunikasi yang tidak efektif/kurang baik akan menimbulkan kesalahpahaman, kesalahan informasi, memberikan kesan yang negatif dan memicu konflik/perselisihan. “Implementasi pelayanan prima tidak selalu mudah dan melibatkan tantangan tertentu. Beberapa tantangan yang mungkin dihadapi termasuk keterbatasan sumber daya, perubahan budaya organisasi, resistensi perubahan, dan kompleksitas tuntutan dari masyarakat. Namun, dengan komitmen dan strategi yang tepat, tantangan ini dapat diatasi dan pelayanan prima dapat diimplementasikan dengan sukses”, paparnya.