FGD Implementasi Program MBKM 2021

Biak, 30 Nov 2021. Merdeka Belajar, Kampus Merdeka meupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa unntuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memiih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua dan Papua Barat menggelar Forum Grup Diskusi Implementasi Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Tahun 2021 bagi PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV. Kegiatan yang di gelar selama tiga hari, 29 November – 1 Desember 2021 diikuti secara daring dan luring seluruh PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV. Pelaksanaan Luring di lakukan di Hotel Arumbai, sedangkan pelaksanaan daring melalui aplikasi zoom.

Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah XIV. Suriel S. Mofu mengatakan dalam sambutan, sangat ingin mengetahui bagaimana penerapan dan penyusunan kurikulum MBKM yang sudah dan telah diimplementasikan oleh seluruh PTS yang berada dilingkungan LLDIKTI Wilayah XIV.

IISIP YAPIS Biak, dalam pemaparan oleh Rektor, Djamil Hasim. Implementasi MBKM (Kampus Mengajar) di IISIP YAPIS Biak telah di laksanakan dimana Angkatan I terdiri dari 7 Mahasiswa, Angkatan II terdiri dari 6 Mahasiswa, Dosen pendamping lapangan Angkatan II terdiri dari 3 Dosen yaitu (Dahlan, Salehuddin dan Ediyanto), Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dengan 2 dosen pendamping (Dahlan dan Busyairi Ahmad).

Dalam tambahan pemaparan, Rektor IISIP YAPIS Biak juga menyampaikan. Adapun beberapa kendala yang dialami dalam implementasi MBKM yaitu, Koneksi internet yang masih belum stabil, kesiapan Mahasiswa dalam mengikuti MBKM memerlukan tahapan-tahapan dalam penyesuainnya, Dosen pembimbing Lapangan berasal dari luar PT sendiri serta penyesuaian sks yang dikonversi ke Matakuliah.