IISIP Yapis Biak Mewisuda 175 Mahasiswa Tahun Akademik 2022-2023

(Biak, 28/10/2023) - Rektor Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak Dr Hermanu Iriawan pimpin Rapat Senat dalam rangka wisuda Pascasarajana, Sarjana dan Diploma 3 IISIP Yapis Biak tahun akademik 2022-2023. di Auditorium IISIP Yapis Jalan Condronegoro Biak,Papua.

"Momen penting yang diperingati bangsa dan negara Indonesia di tanggal 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda, juga menjadi hari yang spesial bagi 175 wisudawan IISIP Yapis Biak," ujar Dr Hermanu Iriawan,SE.M.Si.

Ke-175 wisudawan tersebut dari delapan program studi (prodi) yaitu  23 mahasiswa magister administrasi publik (S2), 8 mahasiswa prodi Perkantoran (D3), 10 prodi Administrasi Bisnis (S1), 68 prodi Administrasi Publik (S1) pada Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) . Kemudian 23 prodi Ilmu Pemerintahan (S1), 5 prodi Ilmu Politik (S1), 25 prodi Ilmu Komunikasi (S1) dan 13 di Sosiologi (S1) pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Hermanu dalam laporannya menyebut BAN-PT telah menetapan IISIP Yapis Biak sebagai Perguruan Tinggi dengan areditasi baik dan di tahun mendatang diharapkan akan menjadi baik sekali.

"IISIP Biak ditahun berikutnya akan mempertahankan status akreditasi baik, bahkan meningkat ke baik sekali, tentu dibutuhkan keterlibatan dan dukungan  civitas akademika IISIP Yapis Biak dan ini bukti komitmen kami menjaga  standar tinggi dalam pengajaran, pada masyarakat," ujar Hermanu.

IISIP Yapis Biak juga telah mengikuti kampus mengajar di angkatan pertama hingga kelima sebanyak 21 mahasiwa, kemudian 12 mahasiswa telah lolos  dan berpartisapasi pada pertukaran mahasiswa merdeka dengan menempuh kuliah satu semester di berbagai Perguruan Tinggi  di indonesia dan di tahun 2023, tiga mahasiswa lolos sebagai peserta pertukaran mahasiswa merdeka. Berbagai prestasi mahasiswa  juga ditorehkan mengharumkan nama IISIP Yaps Biak di level regional maupun nasional secara non akademik dalam ajang olahraga maupun kesenian.

Selain itui total 100 dosen yang pernah mengabdi di IISIP Yapis Biak dan 51 diantaranya dosen tetap yang tersebar di 8 prodi dengan 7 dosen  homebase bergelar doktor dan 4 dosen tengah melanjutkan studi doktoral strata tiga.

Selaku Ketua Yapis di tanah Papua Cabang Biak Numfor Ir H Saipuddin dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses bagi para wisudawan dan berpesan agar para wisudawan terus belajar dan tingkatkan kompetensi

Sementara Sekretaris Umum Yapis Pusat di Tanah Papua H.Herry Wahyudianto mewakili Ketua Umum berharap IISIP Yapis Biak terus lakukan adaptasi Perguruan Tinggi dan melakukan inovasi.

"Hari istimewa hari ini, kita mengenang perjuangan dan usaha keras yang ditempuh para wisudawan dan wisudawati sebagai bukti nyata bahwa dengan tekad yang kuat, kerja yang keras serta bimbingan dari para pendidik yang berkualitas, akhirnya mimpi telah terwujud dan pintu masa depan telah terbuka lebar dan menuju  masa depan yang lebih baik dan gemilang," ujar Herry Wahyudianto,SE,MM.

"Khusus kepada Rektor dan civitas IISIP Yapis Biak, melalui forum ini saya berpesan bahwa implementasi PT diera  indutri dan digitalisasi diperlukan kiat-kiat antara lain adanya adaptasi Perguruan Tinggi yang merujuk pada perubahan dan penyesuaian dalam menghadapi tantangan dan perubahan di lingkungan di saat ini," ucapnya

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua Papua Barat Dr Suriel Mofu, SPd,M.Ed,M.Phiil dalam sambutannya memberi motivasi bagi para lulusan untuk terus tingkatkan kemampuan serta mengisi waktu dengan baik dan bijaksana

"Selamat kepada para wisudawan dan modal sudah ada maka rahasianya adalah antara tahu dan sudah tahu maka orang yang berpengetahuan adalah orang yang mengetahui banyak hal, untuk itu gunakan kesempatan, potensi yang anda miliki dan ingat bahwa kualitas adalah identitas anda," pesan Dr Suriel Mofu.

Mewakili Bupati Biak Numfor Wakil Bupati Calvin Mansnembra dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan apresiasi kepada Rektor dan Civitas Akademika serta pihak Yayasan yang berkomitmen dalam peningkatan SDM di Biak Numfor dan Papua,

Hal yang sama dikatakan Bupati Supiori Drs Yan Imbab dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten 1 Setda Supiori, Hengky Mandosir

Acara wisuda ditandai dengan penyerahan penghargaan bagi delapan lulusan terbaik dari delapan prodi yaitu D3 Perkantoran diraih Yuliana Tersia Rumbino AMd dengan IPK 3,53, D3 Adm Bisnis diraih Edi Sucianto,S.AB dengan IPK 3,93, D3 Adm Publik diraih Nurhayana,S.AP dengan IPK 3,81. 

Sedangkan Prodi Ilmu Pemerintahan diraih Nur Afipah,S.IP dengan IPK 3,97, Prodi Ilmu Politik diraih Ana Rumparmiyati S.Sos dengan IPK 4,00, Prodi Ilmu Komunikasi Agus Santoso,S.IKom dengan IPK 3,77,Prodi Sosiologi Sergio Santi Banes Manurung.S.Sos dengan IPK 3,84 dan Program Pasca Sarjana dengan IPK 4,00 diraih Novianto Pasang,S.Kom,M,AP.

Selain itu juga adanya orasi ilmiah pada Dies Natalies IISIP Yapis Biak ke-XXXIII oleh Prof Dr Idrus Alhamid, guru besar bidang sejarah peradaban dan magister publik UGM dan juga menjabat Waktil Ketua Yapis bidang pendidikan dan inovasi dan juag selaku Ketua Umum Badan Dakwah Indonesia (BWI) Perwakilan Papua.

Sumber : https://rri.co.id/biak/iptek/420464/iisp-yapis-biak-mewisuda-175-mahasiswa-tahun-akademik-2022-2023?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=general_campaign