Pendidikan Politik sebagai Fondasi Demokrasi dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural

  • Tantia Amanda Universitas Negeri Yogyakarta
  • Happri Novriza Setya Dhewantoro Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: pendidikan politik, demokrasi, masyarakat multikultural

Abstract

Pendidikan politik memiliki peran strategis dalam membentuk masyarakat yang demokratis, terutama di tengah keberagaman budaya, etnis, dan agama dalam masyarakat multikultural. Artikel ini membahas bagaimana pendidikan politik dapat menjadi fondasi penting dalam menumbuhkan kesadaran politik, toleransi, dan partisipasi aktif warga negara dalam sistem demokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pendidikan politik dan penguatan nilai-nilai demokrasi dalam konteks masyarakat multikultural. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan politik bukan hanya sebuah kebutuhan tambahan, melainkan fondasi esensial dalam menjaga keberlanjutan demokrasi yang sehat, adil, dan inklusif. Dengan demikian, pendidikan politik bukan hanya sebagai sarana transfer pengetahuan politik, tetapi juga sebagai upaya strategis dalam membangun demokrasi yang berkeadaban dan berkeadilan sosial. Artikel ini merekomendasikan integrasi pendidikan politik dalam berbagai lini kehidupan baik formal maupun nonformal guna memperkuat demokrasi yang adaptif terhadap keragaman dalam masyarakat multikultural.

References

Aisyah, M. (2023). Pendidikan Politik Sebagai Sarana Penguatan Demokrasi: Tinjauan Atas Praktik di Indonesia. Literacy Notes, 1–10. https://liternote.com/index.php/ln/article/view/88%0Ahttps://liternote.com/index.php/ln/article/download/88/102
Bashori, K. (2018). Pendidikan Politik di Era Disrupsi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 287–310. https://doi.org/10.32533/02207.2018
Gunawan, K., & Rante, Y. (2011). Manajemen Konflik Atasi Dampak Masyarakat Multikultural di Indonesia. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 212–224.
Juwandi, R., Nurwahid, Y., & Lestari, A. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Pendidikan Politik Untuk Mengembangkan Literasi Digital Warga Negara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 2(1), 369–378.
Kadir, D., Hidayati, A., Irwan, & Rizal, A. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Media Pendidikan Politik dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Sekolah Kabupaten Maros. 7, 17789–17798.
Magetan, D. K. (2021). Program Desa Peduli Pemilu Untuk Perubahan di Indonesia.
Masputri, M. E., Rafni, A., & Dewi, S. F. (2019). Upaya Komisi Pemilihan Umum Kota Solok Menjadikan Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Pendidikan Politik. Jurnal Civic Education, 2(1), 67–75.
Nurdin, P. H. (2019). Politik Hukum Pengaturan Pendidikan Politik Oleh Partai Politik. Jambura Law Review, 1(2), 144–166. https://doi.org/10.33756/jalrev.v1i2.1977
Prasisko, Y. G. (2019). Demokrasi Indonesia dalam Masyarakat Multikultural. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan, 1–12.
Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 427–442. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.138
Rahman, M. F., Najah, S., Furtuna, N. D., & Anti. (2020). Bhineka Tunggal Ika sebagai Benteng Terhadap Resiko Keberagaman Bangsa Indonesia. Al-Din : Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan.
Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Kalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20(2), 154–161.
Reza, S. T. A., Amirrulah, M. R., & Mulyadi, A. (2020). Strategi KPU Kota Sukabumi Dalam Memberikan Pendidikan Politik Kepada Pemilih Melalui Rumah Pintar Pemilu Tahun 2019. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Admimistrasi Negara, 7(2), 315–322.
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Jurnal Ilmu Pemerintahan.
Saragih, A. B. (2022). Penguatan Pendidikan Politik Masyarakat Guna Mewujudkan Konsolidasi Demokrasi. Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.
Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.com.
Tunggal, S. (2023). Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. 1(1), 11–15.
Zamroni. (2013). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Penerbit Ombak.

Aisyah, M. (2023). Pendidikan Politik Sebagai Sarana Penguatan Demokrasi: Tinjauan Atas Praktik di Indonesia. Literacy Notes, 1–10. https://liternote.com/index.php/ln/article/view/88%0Ahttps://liternote.com/index.php/ln/article/download/88/102
Bashori, K. (2018). Pendidikan Politik di Era Disrupsi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 287–310. https://doi.org/10.32533/02207.2018
Gunawan, K., & Rante, Y. (2011). Manajemen Konflik Atasi Dampak Masyarakat Multikultural di Indonesia. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 212–224.
Juwandi, R., Nurwahid, Y., & Lestari, A. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Pendidikan Politik Untuk Mengembangkan Literasi Digital Warga Negara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 2(1), 369–378.
Kadir, D., Hidayati, A., Irwan, & Rizal, A. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Media Pendidikan Politik dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Sekolah Kabupaten Maros. 7, 17789–17798.
Magetan, D. K. (2021). Program Desa Peduli Pemilu Untuk Perubahan di Indonesia.
Masputri, M. E., Rafni, A., & Dewi, S. F. (2019). Upaya Komisi Pemilihan Umum Kota Solok Menjadikan Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Pendidikan Politik. Jurnal Civic Education, 2(1), 67–75.
Nurdin, P. H. (2019). Politik Hukum Pengaturan Pendidikan Politik Oleh Partai Politik. Jambura Law Review, 1(2), 144–166. https://doi.org/10.33756/jalrev.v1i2.1977
Prasisko, Y. G. (2019). Demokrasi Indonesia dalam Masyarakat Multikultural. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan, 1–12.
Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 427–442. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.138
Rahman, M. F., Najah, S., Furtuna, N. D., & Anti. (2020). Bhineka Tunggal Ika sebagai Benteng Terhadap Resiko Keberagaman Bangsa Indonesia. Al-Din : Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan.
Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Kalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20(2), 154–161.
Reza, S. T. A., Amirrulah, M. R., & Mulyadi, A. (2020). Strategi KPU Kota Sukabumi Dalam Memberikan Pendidikan Politik Kepada Pemilih Melalui Rumah Pintar Pemilu Tahun 2019. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Admimistrasi Negara, 7(2), 315–322.
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Jurnal Ilmu Pemerintahan.
Saragih, A. B. (2022). Penguatan Pendidikan Politik Masyarakat Guna Mewujudkan Konsolidasi Demokrasi. Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.
Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.com.
Tunggal, S. (2023). Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. 1(1), 11–15.
Zamroni. (2013). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Penerbit Ombak.
Published
2025-06-01
How to Cite
Amanda, T., & Happri Novriza Setya Dhewantoro. (2025). Pendidikan Politik sebagai Fondasi Demokrasi dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural. Journal Governance and Politics (JGP), 5(1), 7-14. Retrieved from https://iyb.ac.id/jurnal/index.php/jgp/article/view/471
Abstract viewed = 140 times
pdf downloaded = 547 times