OPTIMALISASI PELAYANAN PADA KANTOR DISTRIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DISTRIK NUMFOR TIMUR KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • Irsat Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
  • Asmadianto Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
  • Ismar Hi. Garuan Mahmud Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
  • Sukriadi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
Keywords: Optimalisasi, Pelayanan, Kinerja, Aparatur.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Optimalisasi Pelayanan pada Kantor Distrik dalam meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Distrik Numfor Timur Kabupaten Biak Numfor. Adapun jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yang dipandu oleh fakta-fakta yang terjadi di lapangan dengan berdasarkan karakteristik penelitian kualitatif yakni data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke lima indicator pelayanan yang digunakan yaitu, realibity, tangibles, responsiveness, assurance, dan empaty memberikan jawaban yang jelas bahwa optimalisasi pelayanan sudah dilakukan dengan baik.

References

Bandiyono, A., Fahmi, K., Hamzah, & Hidaya, N. A. (2021). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Pegawai. Jurnal Ekonomi, 26(1), 50. https://doi.org/10.24912/je.v26i1.717
Dewi Diniaty, M. F. (2014). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Perpustakaan UIN Suska Riau. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 11(2), 297–304.
Edyanto, E. (2018). Analisis Proses Mutasi Promosi Jabatan Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gowa. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 62–74. https://doi.org/10.33506/jn.v3i1.79
Edyanto, E., Agustang, A., Muhammad Idkhan, A., & Rifdan, R. (2021). Implementasi Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1445–1451. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2577
Ibad, S., & Lolita, Y. W. (2020). Pengembangan Pelayanan Publik Melalui E-Government (Studi Pada Layanan Smartcity Kabupaten Situbondo). Jurnal Administrasi Publik, Vol.6(No.2), 1–27.
Sirih, S. H., Ismail, I., & Juharni. (2019). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada BKPSDM Kabupaten Majene. Jurnal Paradigma, 1(2), 5–11.
Wasahua, O. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Diklat dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Pembinaan PenempatanTenaga Kerja Kemenaketrans RI. Sosio E-Kons, 9(1), 86–92.
Published
2024-04-05
How to Cite
Irsat, Asmadianto, Ismar Hi. Garuan Mahmud, & Sukriadi. (2024). OPTIMALISASI PELAYANAN PADA KANTOR DISTRIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DISTRIK NUMFOR TIMUR KABUPATEN BIAK NUMFOR. Journal Governance and Politics (JGP), 4(1), 79-90. Retrieved from https://iyb.ac.id/jurnal/index.php/jgp/article/view/405
Abstract viewed = 80 times
pdf downloaded = 97 times