Pentingnya Perilaku dalam Pelayanan Publik untuk Mewujudkan Pelayanan Prima
Abstract
Pelayanan publik yang berkualitas merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan masyarakat dan peningkatan kepercayaan terhadap pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya perilaku petugas dalam pelayanan publik guna mewujudkan pelayanan prima. Pendekatan yang digunakan adalah studi pustaka, yang mencakup analisis literatur dari berbagai sumber terpercaya untuk mengidentifikasi peran, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan strategi peningkatan perilaku dalam pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku petugas pelayanan publik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan dan efisiensi operasional instansi. Sikap ramah, responsif, dan empati meningkatkan pengalaman positif pengguna layanan, sementara perilaku yang kurang baik dapat merusak citra instansi.
References
Eroy, A. R. El. (2018). Perilaku Keorganisasian (1st ed.). Desanta Publisher.
Mujani, S., & Irvani, D. (2020). Sikap dan Perilaku Warga terhadap Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 11(2), 219–238. https://doi.org/10.14710/politika.11.2.2020.219-238
Saleh, A., & Mardiana, A. (2021). Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Karyawan Dalam Perspektif Islam. Mutawazin(Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.233
Sari, I. W., Fajar, D. R., & Rahmawati, R. (2018). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Depo Igd Rumah Sakit Tk II Pelamonia Makassar. Media Farmasi, 14(2), 78. https://doi.org/10.32382/mf.v14i2.599
Sartika, D. (2013). Analisis Perilaku Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kelurahan Lambara Kecamatan Tawaeli. Katalogis, 1(7), 135–146.
Widhyharto, D. S. (2008). Menakar Perilaku Profesional Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Aparatur Birokraksi. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 2(1), 11–20.
Widyanti, R. (2019). Perilaku Organisasi (Teori dan Konsep) Jilid 1 (1st ed.). Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin.
Copyright (c) 2024 Mustabir Daming

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.