Peran Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

  • Ismar Hi. Garuan Mahmud Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
Keywords: Kepemimpinan, Peningkatan kualitas, Layanan Publik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik melalui metode studi pustaka. Kualitas pelayanan publik adalah salah satu indikator utama keberhasilan pemerintahan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Kepemimpinan yang efektif memainkan peran penting dalam mencapai kinerja optimal dan memberikan layanan yang responsif, efisien, dan berkualitas tinggi. Studi ini mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan yang efektif, kompetensi kepemimpinan yang diperlukan, serta dampak kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pengambilan keputusan, peran mempengaruhi dan peran memotivasi secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik. Pemimpin yang memiliki visi kuat, mampu menginspirasi dan memotivasi karyawan, serta memberikan perhatian individual, sangat efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan inovatif. Kepemimpinan mempengaruhi yang melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, juga terbukti meningkatkan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, yang berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan.

References

Daftar Pustaka

Chairi, A., Darwis, M., & Jamaluddin. (2016). Pengaruh Fungsi Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai. Jurnal Office, 2(1), 1–8.
Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Enterpreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusi, Dan Karakteristik UKM Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional (Studi kasus pada Pedagang Sembako dan Snack di Pasar Peterongan). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5352
Edyanto, K. (2018). Leadership Bupati Dalam Pembangunan Di Kabupaten Tambrauw (Studi Kepemimpinan Bupati Tambrauw). Sosio E-Kons, 10(2), 143–149.
Fauzi, U. (2014). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trakindo Utama Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(3), 172–185.
Iriawan, H. (2020). Peranan Leadership dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Waupnor Distrik Biak Kota. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.2224
Lano, P. F. (2015). Fungsi Kepemimpinan Untuk Mengurangi Sikap Arogansi Pegawai. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(1), 74–81.
M. Alhudhori, W. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum Bersaudara Kabupaten Bungo. J-Mas, 2(1), 23–32.
Prabowo, A. N. (2019). Analisis Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada CV.RESTU di Kota Banjar). Upajiwa Dewantara, 3(1), 43–53.
Purwanto, A., Asbari, M., Prameswari, M., Ramdan, M., & Setiawan, S. (2020). Dampak Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Perilaku Kerja Inovatif Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(01), 19–27. https://doi.org/10.33221/jikm.v9i01.473
Sakban, Ifnaldi Nurmal, R. bin R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Administration and Educational Management, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.4324/9781315853178
Wibowo, M. A., & Putra, Y. S. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum (RSU) Salatiga. Among Makarti, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.52353/ama.v9i1.124
Published
2023-12-07
How to Cite
Ismar Hi. Garuan Mahmud. (2023). Peran Kepemimpinan dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 154-169. Retrieved from https://iyb.ac.id/jurnal/index.php/jgp/article/view/381
Abstract viewed = 992 times
pdf downloaded = 2121 times