IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN PERADABAN BANGSA
Abstract
Artikel ini mengelaborasi tentang pendidikan dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia agar dapat menjadi manusia yang memiliki karakter dan dapat hidup mandiri. Tujuan kajian ini adalah untuk mengungkap bagaimana pendidikan karakter dapat mempengaruhi akhlak mulia dalam rangka untuk membangun pilar peradaban bangsa untuk mewujudkan tujuan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode analisis kualitatif deskritif dengan mengkaji beberapa artikel dan hasil penelitian yang relevan dengan kajian. Hasil kajian menunjukkan bahwa peran keluarga, sekolah dan komunitas sangat menentukan pembangunan karakter seseorang dalam kehidupan yang lebih baik di masa mendatang, serta dapat mengubah atau membentuk pribadi yang unggul dan berkarakter. Karakter yang harus ditanamkan kepada seseorang di antaranya adalah; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya, tanggungjawab, disiplin dan mandiri, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli, dan kerja sama, percaya diri, kreatif, kerja keras, pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, dan toleransi, cinta damai dan persatuan.
References
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.57-76.
Budi Juliardi. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal BHINNEKA TUNGGAL IKA, 2(2), 119. https://core.ac.uk/download/pdf/267824621.pdf
Chotimah, C. (2016). Peran Pendidik Dalam Membangun Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1). https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.1-26
Dalyono, B., & Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(3), 33–42.
Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter untuk meningkatkan mutu di sekolah. Qathrunâ, 7(1), 61.
Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma, 7(Maret), 307–314. http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.
Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586
Kaimuddin, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.7
Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Rahmat, I., & Lubis, R. (2017). Miftahul Husni Nasution. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Sudrajat, T., & Hasanah, A. (2020). Nilai-Nilai Pancasila Dan Peradaban Bangsa : Konsepsi Dan Implementasi Kebijakan. Jurnal MODERAT, 6(November), 857–867.
Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 480–487. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46
Susanti, S. (2016). Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 138. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.173
Tabo, S. (2018). Implementasi Kebijakan dalam Meningkatkan Sumber Daya Aparatur Pemerintahan di Kantor Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolmong Utara. Gorontalo Journal of Public Administration Studies, 1(1), 47. https://doi.org/10.32662/gjpads.v1i1.178.
Utami, R. D. (2016). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah.
Copyright (c) 2023 Irfan Gani, Muh. Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.