Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Sosiologi Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Swasta Di Kecamatan Sakra Timur

  • Abdul Latif Universitas Hamzanwadi
  • Salehuddin IISIP Yapis Biak
  • Rifaatul Mahmudah Universitas Hamzanwadi
Keywords: Kompetensi Kepribadian, Pembentukan Karakter, Guru, Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter peserta didik Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explantory research yang merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner/angket dengan jenis skala pengukuran yakni skala likert. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Sakra Timur yang ditetapkan menggunakan cluster sampling dengan jumlah 50 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji prasial. Seluruh data penelitian yang diperoleh dari responden diolah menggunakan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung penelitian lebih besar daripada t tabel yakni 1,949 > 1,677 dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,014. Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik.

References

Astuti, Agustina Dwi, dkk. 2021. Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa MA. Al I’Tibar: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8 No. 1. Hal 13-18.
Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI. Progres Pendataan Kecamatan Sakra Timur. Diakses pada 22 Agustus 2022 melalui http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/? content=madrasah&action=kec&prov=52&kab=03&kec=18
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Ermansyah, Rivaldy. 2021. Kompetensi Kepribadian Guru dan Pengaruhnya terhadap Karakter Peserta Didik. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 9 No. 2. Hal 202-221.
Ferdinand, Agusty. Metode Penelitian: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heryati, Yeti dan Rusdiana Dana. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik di Zaman Global. Jakarta: PT Grafindo.
Maksum, Ali. 2013. Sosiologi Pendidikan. Buku Perkuliahan Program S-1. Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.
Meli, Devita, dkk. 2019. Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Minat Belajar Siswa. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 7. No. 1. Hal 71-85.
Musfah, Jejen. 2011. Pemimgkatan Kompetensi Guru. Jakarta: PT Prenada Media Group.
Nasution, S. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Pakaya, Yulinda Safitri. 2018. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Kelas XII IPS SMA Negri 1 Limoto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Universitas Negri Gorontalo.
Ramlah. 2020. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas Xi SMA Negri 4 Barru. Skripsi. Institut Agama Islam (IAIN) Parepare.
Sugiyono. 2016. Metode Peneltiian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Published
2023-04-28
How to Cite
Abdul Latif, Salehuddin, & Rifaatul Mahmudah. (2023). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Sosiologi Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Swasta Di Kecamatan Sakra Timur. Journal Governance and Politics (JGP), 3(1), 157-166. Retrieved from https://iyb.ac.id/jurnal/index.php/jgp/article/view/328
Abstract viewed = 413 times
pdf downloaded = 547 times