Pentingnya Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik

  • A.M.Dadang IISIP Yapis Biak
Keywords: Kepemimpinan, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan

Abstract

Pelayanan publik yang efektif dan berkualitas merupakan hal yang penting bagi masyarakat saat ini. Selain sistem yang baik, kepemimpinan yang kuat juga menjadi faktor penentu dalam keberhasilan pelayanan publik. Kepemimpinan dalam konteks pelayanan publik melibatkan seorang pemimpin yang mampu mengarahkan dan menggerakkan orang-orang serta sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan bersama, yaitu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Kajian pustaka ini melalui pendekatan literature review mengeksplorasi pentingnya kepemimpinan dalam pelayanan publik. Temuan-temuan dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif memiliki dampak yang signifikan pada kinerja pelayanan publik. Pemimpin yang mampu memotivasi dan menginspirasi pegawai, mengkomunikasikan visi organisasi dengan jelas, dan mengembangkan budaya kerja yang inklusif dan kolaboratif dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dan efisiensi operasional organisasi. Selain itu, kepemimpinan transformasional juga memiliki peran penting dalam menciptakan perubahan positif dan inovasi dalam pelayanan publik. Pemimpin yang visioner mampu menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan pegawai untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan pelayanan publik. Namun, kepemimpinan dalam pelayanan publik juga dihadapkan pada tantangan, seperti perubahan politik, kompleksitas tugas, dan kebutuhan masyarakat yang beragam. Oleh karena itu, kepemimpinan adaptif menjadi kualitas penting bagi pemimpin dalam menghadapi tantangan tersebut. Melalui pengembangan kepemimpinan yang efektif, pelatihan dan pembinaan kepemimpinan, serta membangun budaya kerja yang inklusif dan kolaboratif, diharapkan organisasi pelayanan publik dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, dan kinerja organisasi secara keseluruhan.

References

Edyanto, E. (2018). Analisis Proses Mutasi Promosi Jabatan Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gowa. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 62–74. https://doi.org/10.33506/jn.v3i1.79
Edyanto, & Karsiman. (2018). Leadership Bupati dalam Pembangunan di Kabupaten Tambrauw (Studi Kepemimpinan Bupati Tambrauw). Sosio E-Kons, 10(2), 143. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2693
Gani, A. A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Celebes Equilibrum, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21976
Iriawan, H. (2020). Peranan Leadership dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Waupnor Distrik Biak Kota. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.2224
M. Alhudhori, W. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum Bersaudara Kabupaten Bungo. J-Mas, 2(1), 23–32.
Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2017). The Leadership Challenge: How to Make Extraordinary Things Happen in Organizations (6th ed.). Jossey-Bass.
Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and Practice (9th ed.). Sage Publications.
Published
2023-04-28
How to Cite
A.M.Dadang. (2023). Pentingnya Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 3(1), 133-139. Retrieved from https://iyb.ac.id/jurnal/index.php/jgp/article/view/325
Abstract viewed = 4213 times
pdf downloaded = 7381 times