Perilaku Birokrat Garis Depan ( Street Level Bureucrats) Dalam Pelayanan Publik
Abstract
Perilaku birokrasi tercermin dari perilaku manusia (birokrat), dimana seperangkat perbuatan individu kemudian menjelma menjadi perilaku kelompok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library search), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka. Studi pustaka digunakan dengan mengumpulkan data-data yang ada kemudian memahami dari setiap kesimpulan dan mengambil sumber-sumber data tersebut untuk dijadikan literatur dan referensi dalam memahami dan menganalisa penelitian. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa perilaku birokrasi berkaitan erat satu sama lain dan saling memberi penguatan satu sama lain untuk memberi perubahan menyeluruh pada organisasi, baik organisasi publik maupun organisasi bisnis, perilaku birokrasi dalam pelayanan publik dapat dilihat dari motivasi kerja, tanggung jawab dan disiplin.
References
Davis, Keith dan John W. Newstrom. 1996, Prilaku Dalam Organisasi, Penerjemah : Agus Dharma, Erlangga, Jakarta.
Edyanto, Karsiman. 2018. “Leadership Bupati Dalam Pembangunan Di Kabupaten Tambrauw (Studi Kepemimpinan Bupati Tambrauw).” Sosio e-kons 10(2): 143.
Gartson, David and Debra Steward. 1993. Organization Behavior and Public Management. New York : Marcell Dekker Inc.
Hamzah, Onno Sahlania. 2014, Perilaku Birokrasi Pemerintah Dalam Pelayanan Puskesmas Di Kota Makassar Jurnal Administrasi Publik, Volume 4 No. 1.
Hasniati, 2008. Perilaku Pelayanan Birokrat Garis-Depan (Studi tentang Interaksi Birokrat Kepolisian dengan Warga Masyarakat Dalam Pelayanan Surat Izin Mengemudi di Kota Makassar)” Disertasi, Program Doktor Ilmu Administrasi Publik, Universitas Brawijaya, Malang.
Lipsky, M. 1980. Street-Level Bureaucracy: Dillemas of the Individual in Public Services. New York: Sage Foundation.
Lukman,2012. Red Tape Dalam Pelayanan Birokrasi (Studi Kasus pada Pelayanan Izin Usaha Perdagangan di Kota Makassar). Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Keenam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Zaidan. 2007 Analisis tentang Profesionalisme Aparatur Pelayanan Publik di Era Otonomi Daerah. Palembang: Universitas Sjakhyakirti.
Robbins, S.P. dan Timothy A. J. 2008. Perilaku Organisasi. Penerjemah Diana Angelica. Jakarta : Salemba Empat.
Sinambela, Lijan Poltak. 2007. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sri, Juni Astuti. 2009. Bureucratic discretion Analisis Interaksi Budaya Politik, Struktur Birokrasi, dan budaya birokrasi pemerintah daerah. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah.
Ndraha, Taliziduhu. 2003. Budaya Organisasi. Jakarta : PT. RadjaGrafindo Persada.
Thoha, Miftah. 2002. Perspektif Perilaku Birokrasi. Jakarta : PT. RadjaGrafindo Persada.
Winardi, J. 2004. Manajemen Perilaku (Edisi Revisi). Jakarta : Kencana.

Copyright (c) 2022 Iswahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.