Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik

  • Muhammad Aris Universitas Negeri Makassar
  • Andi Agustang Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muhammad Idkhan Universitas Negeri Makassar
Keywords: Efektifitas, Pelayanan, Aparatur Sipil.

Abstract

Efektifitas sangat penting peranannya dalam setiap organisasi, suatu usaha atau kegiatan dikatakan efektif apabila mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggambarkan efektifitas pelayanan aparatur sipil dalam meningkatkan pelayanan publik. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka. Studi pustaka digunakan dengan mengumpulkan data-data yang ada kemudian memahami dari setiap kesimpulan dan mengambil sumber-sumber data tersebut untuk dijadikan literatur dan referensi dalam memahami dan menganalisa penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 aspek yang dilihat dalam efektivitas pelayanan aparatur sipil dalam meningkatkan pelayanan publik, yaitu optimasi tujuan dan perilaku pegawai dalam organisasi. 

References

Bonso, H., & Ahmad, B. (2021). Analisis Efektivitas Birokrasi Dalam Pelayanan Publik ( Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Biak Numfor ). Mukadimah, 5(2622–1373), 8–14. http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd
Edyanto, Karsiman. 2018. “Leadership Bupati Dalam Pembangunan Di Kabupaten Tambrauw (Studi Kepemimpinan Bupati Tambrauw).” Sosio e-kons 10(2): 143.
Erdina, T. V., & Hariani, D. (2017). Analisis Efektivitas Organisasi Dalam Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16794
Jamaluddin, Y. (2016). Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal TAPIs, 12(1), 54–68.
Kurniawan, R. C. (2016). Tantangan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 15–26.
Mansyar, F., & Sadad, A. (2016). Kualitas Pelayanan Publik. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 2(1), 165–170. https://doi.org/10.37676/professional.v2i1.163
Nur’ani, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.
Nurmasari, R. K. dan. (2017). Analisis Kinerja Pegawai Pada Bidang Pelayanan dan Informasi di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Siak. PUBLIKa, 3(1), 122–134.
Purwanto, A., Asbari, M., Prameswari, M., Ramdan, M., & Setiawan, S. (2020). Dampak Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Perilaku Kerja Inovatif Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(01), 19–27. https://doi.org/10.33221/jikm.v9i01.473
Saputro, H. E. (2015). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Professional, 3(7), 59–78.
Zulyansyah, S. (2019). Efektivitas Pelayanan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Paser Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kabupaten Paser. Journal Ilmu Pemerintahan, 7(3), 1093–1106. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13312
Published
2021-11-24
How to Cite
Muhammad Aris, Agustang, A., & Andi Muhammad Idkhan. (2021). Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 127-133. Retrieved from https://iyb.ac.id/jurnal/index.php/jgp/article/view/208
Abstract viewed = 4375 times
pdf downloaded = 7562 times