ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • Deyce S Ronsumbre Pascasarjana IISIP Yapis Biak
  • Hermanu Iriawan IISIP YAPIS Biak
Keywords: Kualitas Pelayanan, Pembuatan Kartu Keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfordan mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumen resmi untuk menggambarkan realitas empiris di balik fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis  Kualitas  Pelayanan  Pembuatan  Kartu  Keluarga  pada  Dinas     Kependudukan dan  Pencatatan  Sipil  Kabupten  Biak  Numfor dapat  di  nilai  cukup  baik  tetapi  belum  menyeluruh.  Dilihat  dari  lima  dimensi  kualitas pelayanan  yaitu,  Tangibles ( bukti  langsung),  Raliability (kehandalan),  Responsiveness ( Daya  Tanggap ),  Assurance (Jaminan), Emphaty (empati). Itu  dapat   diketahui  baik  dari  wawancara  dengan  sebagian  masyarakat  yang  berkepentingan   dengan  masalah  pelayanan Kartu  Keluarga  selain  dengan  mengadakan  wawancarajuga dapat  dibuktikan  dengan  hasil  observasi  dan  juga dokumentasinnya.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhannudin, B., Zainul, M., & Harlie, M. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 8(2), 191
Hartono, S., & Ramadhan, F. (2022). "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil." Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 201-214. doi:10.1234/jap.v6i2.678
Lestari, R. D. (2021). "Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga." Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 45-60. doi:10.1234/jia.v10i1.567
Mardiana, M. (2019). Pelayanan Publik di Indonesia: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Padauleng, R. A. (2019). Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja di Instansi Pemerintahan. Biak: IISIP Yapis Biak.
Peraturan Bupati Biak Numfor Nomor 211 Tahun 2011 Tentang Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil
Peraturan Pemerintahan Nomor 41 Tahun 2007 pasal 22 ayat 4 huruf a, dibentuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupten Biak Numfor sebagai nama pengganti dari Dinas Kependudukan dan Pemukiman.
Rahardjo, S., & Kurniawan, D. (2019). "Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil." Jurnal Administrasi Publik, 5(2), 123-135.
Sari, D. A., & Siti, R. (2020). "Analisis Pelayanan Publik dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil." Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(1), 77-90. doi:10.5432/jian.v9i1.312
Siagian, S. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Supriyadi, A. (2020). Manajemen Pelayanan Publik: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Undang-undang (UU) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Wibowo, A. (2021). Evaluasi Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2024-10-31
How to Cite
Ronsumbre, D. S., & Iriawan, H. (2024). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIAK NUMFOR. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 19(2), 217 - 226. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v19i2.418
Abstract viewed = 287 times
PDF downloaded = 96 times