WARUNG KOPI KARANG PANAS SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI SOSIAL DI MASYARAKAT KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • Agus Santoso IISIP YAPIS Biak
  • Muhammad Ridwan Yunus
Keywords: Warung Kopi, Sarana, Komunikasi, Sosial

Abstract

Warung kopi adalah sebuah organisasi yang secara esensial menyediakan kopi dan berbagai jenis minuman lainnya. Warung kopi, atau kedai kopi umumnya disingkat Warkop adalah tempat usaha yang utamanya menyajikan kopi, pastinya akan memberi kesempatan kepada angota masyarakat untuk berkumpul menikmati sajian kopi sekaligus, berbicara, berkomunikasi, menulis, membaca, menghibur orang atau pengunjung, atau juga menghabiskan waktu, baik secara individu atau dalam kelompok kecil, warung kopi sebagai sarana komunikasi sosial dimasyarakat Kabupaten Biak Numfor. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan dan melalui pendekatan Deskriptif berdasarkan permasalahan yang dibahas yakni warung Kopi sebagai Sarana Komunikasi Sosial di Masyarakat Kabupaten Biak Numfor. Pada hasil penelitian ini menampilkan bahwa warung kopi memiliki banyak kegiatan interaksiyang dilakukan oleh masyarakat Biak di warung kopi. Kegiatan yang dilakukan pengunjung tidak hanya sebatas memesan minuman dan makanan semata, akan tetapi juga terdapat banyak jenis kegiatan yang dilakukan pengunjung sehingga mereka biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berada di warung kopi. Aktivitas yang sering dilihat jika berada di warung kopi yakni kegiatan interaksi sosial antar individu yang dilakukan pengunjung ataupun pelayan kedai kopi. Interaksi sosial yang terjadi memiliki beragam kebermanfaatan yakni sebegai aktivitas untuk berbagi pengalaman, menambah pengetahuan serta membicarakan perihal bisnis. Hal tersebut menjadi gambaran bahwa warung kopi sebagai sarana interaksi sosial di masyarakat Kabupaten Biak Numfor. Untuk itu interaksi sosial sering terjadi di warung  kopi dan menjadi aktivitas yang tidak pernah hilang jika pergi ke kedai kopi.

References

Albi Anggito dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jawa Barat Jejak).

Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Rineka Apta, Jakarta.

Johni Damayanti. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya, Jakarta: Kencana

Listyari, N.P.W. 2006. Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Coffee shop De Koffie Pot, Bogor. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Mohammad Nazir, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003).

Muhammad Azhari Mutaqin (2020) PERAN KEDAI KOPI SEBAGAI SARANA INTERAKSI SOSIAL ANAK MUDA KOTA BANJARMASIN Program Studi Pendidikan IPS FKIP, Universitas Lambung Mangkurat.

Rahel Widiati Kimbal, Modal sosial dan Ekonomi Industri Kecil Sebuah Studi Kualitatif, (Yogyakarta, Deepublish, 2015)

Ralph Linton, The Study of Man, an Introduction ( New York: Aplleton Century Crofts, 1956)

TAUFIK (2013) “PERAN WARUNG KOPI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI SOSIAL MASYARAKAT KAMPUS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON” INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta.

Published
2024-04-29
How to Cite
Santoso, A., & Muhammad Ridwan Yunus. (2024). WARUNG KOPI KARANG PANAS SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI SOSIAL DI MASYARAKAT KABUPATEN BIAK NUMFOR. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 19(1), 72 - 79. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v19i1.366
Abstract viewed = 534 times
PDF downloaded = 184 times