STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA BERBASIS BUDAYA LOKAL DI BIAK NUMFOR PAPUA

  • Mohamad Sudi IISIP Yapis Biak
  • Andi Alimuddin Unde Universitas Hasanuddin
  • Nurul Ilmi Idrus Universitas Hasanuddin
  • Hafied Cangara Universitas Hasanuddin
Keywords: Strategi, Komunikasi, Budaya Lokal, Industri Pariwisata

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dalam Pengembangan Industri Pariwisata berbasis Budaya Lokal yang bisa diterapkan di Kabupaten Biak Numfor Papua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode triangulasi dengan mengombinasikan teknik-teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam, dan FGD untuk menganalisis potensi pengembangan pariwisata berbasis budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang diterapkan dalam pengembangan industri pariwisata berbasis budaya lokal di Biak Numfor dalam pengimplementasian program Desa Budaya (Cultural Village) yang berkaitan dengan persoalan penentuan tujuan komunikasi; segmentasi khalayak; penyusunan dan metode penyampaian pesan; pemilihan media; dan peranan komunikator. Berkaitan dengan penentuan tujuan komunikasi, pengembangan industri pariwisata berbasis budaya lokal di Biak Numfor menetapkan tujuan mereka ke dalam empat formasi, yaitu menginformasikan; menumbuhkan kesadaran; mengajak dan mendidik masyarakat; dan berupaya memelihara partisipasi masyarakat setempat secara berkelanjutan. Mengenai segmentasi khalayak, sasaran utamanya para calon wisatawan. Sementara terkait dengan metode penyampaian pesan, pengembangan industri pariwisata berbasis budaya lokal di Biak Numfor melakukannya dengan menerapkan metode canalizing, yaitu mempengaruhi khalayak untuk menerima pesan yang disampaikan, kemudian secara perlahan-lahan mengubah sikap dan pola pemikirannya ke arah yang kita kehendaki.

References

Andajani, Kusubakti. 2017. Pengembangan Industri Pariwisata Dan Ketahanan Ekonomi Nasional. Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama “Peningkatan Ketahanan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global” Malang, 52-65.https://semnas.unikama.ac.id/feb/unduhan/publikasi/2201414112.pdf. Diakses tanggal 09 September 2022.
Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.
Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_____________. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Fretes, dkk. 2013. Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Industri Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon), Jurnal Rekayasa Mesin 4 (2): 109-118, https://media.neliti.com/media/publications/127543-ID-strategi-perencanaan-dan-pengembangan-in.pdf. Diakses tanggal 09 September 2022.
Hallahan, K., Holtzhausen, D., van Ruler, B., Veri, D., & Sriramesh, K.. Defining Strategic Communication. International Journal of Strategic Communication, 1, (2007): 3-35. sumber : http://epress.lib.uts.edu.au/journals/index.php/pcr/article/viewFile/1868/1915, Diakses 4 November 2021.
Hawamdeh, et.al. Formulating A Communication Strategi For Effective Knowledge Sharing. Journal of Information Science. 2004: 12-30. sumber. http://jis.sagepub.com/content/30/1/12, diakses 1 November 2021
Katika, Rininta, Yulia. 2019. Pengembangan Potensi Budaya Lokal menjadi Atraksi Wisata. Tesis, Pascasarjana Institut Seni Indonesia, Yogyakarta http://digilib.isi.ac.id/4145/7/Naskah%20Publikasi.pdf, diakses tanggal 09 September 2022.
Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Alih bahasa: Mohammad Yusuf Hamdan, Jakarta: Salemba Humanika.
McQuail. 2011. McQuails Mass Communication Theory. Alih bahasa: Putri Iva Izzati. Jakarta : Salemba Humanika.
Pace, R. Wayne, Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi. Alih bahasa: Deddy Mulyana. Bandung: Rosdakarya.
Prima, Febri, dkk. 2021. Strategi Pengembangan Industri Pariwisata di Kabupaten Sanggau. Journal of Urban and Regional Planning, 2 (1): 17-28, file:///G:/Downloads/45898-75676637955-1-PB.pdf. Diakses tanggal 09 September 2022.
Rencana Strategis (Renstra), Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor 2019-2023. Biak: Dinas Pariwisata.
Rompon, dkk. 2002. Strategi pengembangan industri pariwisata : Kasus Pemda Kabupaten Tana Toraja. Tesis, Pascasarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/9711. Diakses tanggal 09 September 2022.
Tankard, Jr., Severin, Werner J, James W. 2007. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa, Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yoeti, Oka. A. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta; Balai Pustaka
Published
2023-10-28
How to Cite
Mohamad Sudi, Andi Alimuddin Unde, Nurul Ilmi Idrus, & Hafied Cangara. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA BERBASIS BUDAYA LOKAL DI BIAK NUMFOR PAPUA. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 18(2), 163 - 173. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v18i2.337
Abstract viewed = 607 times
PDF downloaded = 425 times