STRATEGI PENDAMPINGAN BERBASIS LOCALITY WISDOM PADA PROGRAM GURU PENGGERAK DI KABUPATEN BIAK NUMFOR
Abstract
Strategi pendampingan berbasis locality wisdom berorientasi pada naturalistic secara alamiah dalam pelaksana pendampingan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi selama proses program yang dijalankan, tidak semua prosedur pedampingan yang ditetapkan oleh pelaksana program mampu menyelesaikan masalah dengan kondisi dan klasifikasi lingkungan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pendampingan Berbasi Locality Wisdom pada program guru penggerak Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Teknik Analis datamenggunakan Deskriptif Kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan Wawancara, Dokumentasi dan FGD. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan pendampingan Program Guru Penggerak dilakukan dalam menyelesaikan masalah menggunakan starategi Localitcy Wisdom yaitu (1) Pendamping berbasis Family, (2) Pendamping Berbasis Rekan Sejawat,(3) Pendamping Berbasis Budaya kinsor (4) Pendamping Berbasis Open Comunication
References
Damayanti Irda Kustika (2022). Strategi Pendampingan dalam Peningkatan Kondisi Kesejahteraan Lansia. Skripsi UT- Faculty Of Social and Political Sciences, Universitas Jember.
Kemnedikbud (2020). Buku Pegangan Pendampingan Individu Guru Penggerak. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan
Syarifudin, Apriadi Adiansha (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran,. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, p-ISSN: 2797-9407, e-ISSN: 2797-9423Volume 3, nomor 1, 2023, hal.79-91.
Siti Quraitul Ain,dkk (2022). Pendampingan Calon Guru Penggerak Sekolah Dasar di Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vo 4 No 6, E-ISSN: 2685-936X, P-ISSN: 2685-9351
Saiful Anam, dkk (2022). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R & D ). PT Global Eksekutif Teknologi: Padang Sumatra Barat
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Copyright (c) 2023 Patma Tuasikal, Yeni Farida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.