KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA SMP NEGERI 1 BIAK TIMUR KABUPATEN BIAK NUMFOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan proses belajar mengajar pada SMP Negeri 1 Biak Timur Kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru-guru, dan pegawai tata usaha SMP Negeri 1 Biak Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (Moleong, 2010), yakni reduksi data yaitu peneliti menggunakan seluruh data hasil penelitian dan memilih data yang berkaitan dengan fokus penelitian, penyajian data yaitu peneliti mengorganisir informasi secara sistematis agar lebih mudah untuk menarik sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Biak Timur terlihat belum optimal, hal ini terlihat dari indikatornya seperti otoritas dan wewenang, efektif dan efisiensi, kedisiplinan, dan insiatif masih perlu dilakukan peningkatan kualias dan tanggungjawab serta kerjasama yang baik kepada guru yang ada untuk mencapai proses yang diinginkan sehingga insiatif atau ide bisa dikembangkan dalam meningkatkan proses belajar mengajar.
References
Anggal, N. (2018). KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 SAMARINDA. GAUDIUM VESTRUM, 2(1), 1–12.
Indra, S., Amirul, M., & Muazza. (2022). Pengaruh kinerja kepala sekolah, kinerja komite, dan kinerja guru terhadap mutu lulusan smk di kota jambi. Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1054–1064.
Matondang, L., & Syahril. (2021). Kinerja Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4094–4101.
Murtiningsih, & Lian Bukman. (2017). Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Smp. Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 87–96.
Novi, P. H., & Udik, W. B. (2018). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Partisipasi Masyarakat Di SMP. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–59.
Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., & Munawar, S. (2022). KINERJA KEPALA SEKOLAH , DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 634–644.
Nurun, N. (2022). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Smpn 2 Diwek Jombang. Studi Kemahasiswaan, 2(3), 267–282.
Purwanti, K., & Yusrizal, M. A. R. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Smp Negeri 2 Simeulue Timur. DIDAKTIKA, XIV(2), 390–400.
Sahroni. (2010). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Memobilisasi Guru Untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar Mengajar (Survey Di Smp Islam Al Falah Bekasi). Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Copyright (c) 2023 Djamil Hasim, Diana Diana, Samar Samar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.