FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA POLIKLINIK DENKESYAH 17.04.02 BIAK

  • Darlin Darlin IISIP YAPIS Biak
  • Tuti Apriani IISIP YAPIS Biak
  • D. Rudolf Leiwakabessy IISIP YAPIS Biak
Keywords: Fungsi Manajemen; Kualitas Pelayanan Kesehatan

Abstract

Fungsi manajemen dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan agar dapat mengukur dan mengevaluasi efisiensi dan efektivitas kegiatan pelayanan yang dilakukan, sehingga tujuan organisasi tersebut dapat tercapai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada Poliklinik Denkesyah 17.04.02 Biak. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi manajemen pada indikator perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan indikator pengawasan (controlling) pada Poliklinik Denkesyah 17.04.02 Biak sudah baik dalam hal pelayanan kesehatan dikarenakan segala bentuk pelayanan yang dillakukan selalu mengacu pada Standar Operasional Prosedur Poliklinik yang sudah di tentukan, dan pelaksanaan tugas pokok dari setiap unit kerja, setiap bagian dalam struktur organisasi, semua elemen serta semua staf sudah terlaksana dengan sangat baik.

References

Adisasmita, R. (2011). Manajemen Pemerintah Daerah. Graha Ilmu.
Bayangkara, I. (2011). Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi. Salemba Empat. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/10081/audit-manajemen-prosedur-dan-implementasi.html
Chaedar Alwasilah, A. (2017). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Bandung : PT Dunia Pustaka Jaya.
Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. Gadjah Mada University Press. https://ugmpress.ugm.ac.id
Hardiyansyah. (2011). Kualitas pelayanan publik : konsep, dimensi, indikator dan implementasinya. Yogyakarta : Gava Media. http://perpustakaan.pascasarjana.unismabekasi.ac.id/katalog-buku/index.php?p=show_detail&id=3218
Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya : dilengkapi dengan proposal penelitian dan laporan penelitian (skripsi/tesis). Jakarta: Ghalia Indonesia. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=25085
Kadarman. (2001). Sistem Pengawasan Manajemen. Pustaka Quantum.
Mulyawan, S. (2015). Manajemen Keuangan. Pustaka Setia. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2593
Sitanala Arsyad, E. R. (Ed.). (2008). Penyelamatan Tanah, Air dan Lingkungan (1st ed.). Crestpent Press & Yayasan Obor Indonesia. www.obor.or.id
Suandy, E. (2008). Perencanaan Pajak (M. Teresa (Ed.); 4th ed.). Salemba Empat. http://www.penerbitsalemba.com
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung : Alfabeta.
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. CV.Mandar Maju.
Syamsir, T. (2013). Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi. Alfabeta.
Wijono, S. (2018). Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi (1st ed.). Prenadamedia Group. www.prenadamedia.com
Winardi. (2000). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Rineke Cipta.
Published
2023-04-30
How to Cite
Darlin, D., Apriani, T., & Leiwakabessy, D. R. (2023). FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA POLIKLINIK DENKESYAH 17.04.02 BIAK. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 18(1), 16 - 28. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v18i1.290
Abstract viewed = 2868 times
PDF downloaded = 2141 times