EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI DISTRIK SAMOFA KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • Hermanu Iriawan IISIP YAPIS Biak
Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, Distrik Samofa.

Abstract

Efektivitas sangat penting dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik pada Kantor Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor serta faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan publik di Kantor Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan pada Kantor Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor yang dilihat berdasarkan ketepatan waktu dalam pelayanan pada Kantor Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor sudah sangat baik, pemberian motivasi senantiasa dilakukan oleh pimpinan, serta adanya pengawasan yang senantiasa dilakukan dalam pelaksanaan pekerjaan sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan efektif dan kepuasan masyarakat terpenuhi. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan publik pada Kantor Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor adalah sumber daya aparatur dan sarana prasarana.

References

Ayatullah Khumaini. (2013). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Pada Kantor Lurah Bantuas Kecamatan Palaran, Kota Samarinda Ayatullah Khumaini. Jurnal Paradigma, 2(1), 26–35.
Chairi, A., Darwis, M., & Jamaluddin. (2016). Pengaruh Fungsi Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai. Jurnal Office, 2(1), 1–8.
Engkus, N. U. (2019). Analisis Kinerja Pegawai Bagian Pelayanan Di PT. Pos Indonesia ( Persero) Kantor Pos Subang. Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 1(1), 39–61.
Iriawan, H. (2020). Peranan Leadership dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Waupnor Distrik Biak Kota. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.2224
Jamaluddin, Y. (2016). Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal TAPIs, 12(1), 54–68.
Junianto, Irvan, I., & Kencana, N. (2020). Analisis Kinerja Pegawai pada Kantor Kelurahan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 5(1), 30–37.
Kurniawan, R. C. (2016). Tantangan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 15–26.
Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102. https://doi.org/10.31314/pjia.6.2.102-110.2017
Muh. Nasrullah, Rudi Salam, Dwi Pratiwi, R. N. (2017). Motivasi Kerja Pegawai Di Kantor Keyahbandaran Utama Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(2), 206–211.
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1–12.
Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. Administrasi Publik, 1(1), 32.
Setyowati, Y. (2018). Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit. Solusi, 13(2), 74–88.
Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2(2), 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/.pdf
Published
2023-04-30
How to Cite
Iriawan, H. (2023). EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI DISTRIK SAMOFA KABUPATEN BIAK NUMFOR. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 18(1), 1 - 9. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v18i1.281
Abstract viewed = 812 times
PDF downloaded = 399 times