PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN TOKO FANTASY MOBILE DI BIAK

  • Dede Mahdany Rizal IISIP YAPIS Biak
  • Irwan Irwan IISIP YAPIS Biak
  • Muh Ridwan Yunus IISIP YAPIS Biak
Keywords: Media Sosial, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Perkembangan media sosial atau jejaring sosial semakin pesat dan semakin poluler. Media sosial digunakan secara luas dalam kapasitasnya beragam, seperti ruang interaksi, ruang berbagi pengalaman dan informasi, ruang untuk salang melakukan promosi, peningkatan brand awareness dan brand image perusahaan serta peningkatan pelayanan kepada konsumen. Komunikasi digunakan produsen untuk menawarkan produknya dan mempengaruhi konsumen agar menggunakan produk yang ditawarkan. Melalui informasi penawaran, konsumen dapat memperoleh produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Dengan pendekatan komunikasi yang tepat, akan meningkatkan mutu perusahaan dan menjaga loyalitas konsumen. Salah satu bidang bisnis yang sekarang marak di kalangan masyarakat adalah bisnis penjualan handphone, handphone bukan saja sebagai alat komunikasi tapi juga dapat digunakan sebagai kamera, video, mengirim, mengakses game dan internet. Oleh karena itu handphone menjadi sebuah kebutuhan utama. Fantasy Mobile tidak hanya menjual produk handphone dan accessories handphone di pasar offline melainkan di pasar online seperti di Facebook, dan Instagram dalam menjaga loyalitas pelanggan. Dengan menggunakan media sosial, Fantasy Mobile jelas ingin membina hubungan lebih dekat dan lebih intens lagi dengan para pelanggannya. Melalui media sosial, toko Fantasy Mobile mencoba untuk menjaga para pelanggan tersebut agar tidak berpindah ke perusahaan pesaing, sambil terus mengupayakan tumbuhnya pelanggan baru. Facebook dan Instagram, sebagai media komunikasi yang saat ini dipakai oleh banyak orang, diharapkan oleh toko Fantasy Mobile menjadi salah satu instrument yang bernilai dalam menjaga loyalitas pelanggannya.

References

Amalina, Annisa. 2016. Pengaruh social media terhadap Brand loyalty dengan Brand trust sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Manajemen. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. 4(3)
Ariadi, Sigit dan Saino. 2014. Pengaruh media sosial twitter terhadap loyalitas merek indosat im3. Jurnal Ilmu Manajemen. 2
Astrid, Dewi Kusumastuti. 2009. Sikap Terhadap Pengguna Facebook. Masterthesis. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.
Benson, Vladlena & Morgan, Stephanie. 2014. Cutting-Edge Tecnologies and Social Media Use In Higher Education. Pennsylvania, U.S.A : Information Science Reference.
Bintang, Agusta Lesmana. 2012. Pengertian dari Macromedia Falsh dan Multimedia serta Fungsi-fungsi Penjelasan Tollbar. http://bintangagustalesmana.blogsport.com. Diakses Pada 22 Juli 2022.
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Erlangga

Effendy, Onong. 1993. Komunikasi dan Praktek. Bandung, Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo. Rosdakarya
-------------------. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti
Griffin, Jil. 2003, Custumer Loyality: menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelangga.(Dwi Kartini Yahya. Terjemahan) Jakarta : Penerbit Erlangga.
Moleong, L.J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya
Russel dan Taylor, 2008. Alasan utama Kualitas Bagi Sebuah Perusahaan. Jakarta: Erlanggal
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.Bandung, Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2007.Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Jogyakarta: Andi Ofset
Published
2022-12-30
How to Cite
Rizal, D. M., Irwan, I., & Yunus, M. R. (2022). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN TOKO FANTASY MOBILE DI BIAK. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 17(2), 53-60. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v17i2.271
Abstract viewed = 864 times
PDF downloaded = 547 times