PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI AULIA HOME INDUSTRY

  • Sutrimono Sutrimono IISIP Yapis Biak
  • Hermanu Iriawan IISIP YAPIS Biak
  • Papuani Adelina Arfayan IISIP YAPIS Biak
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

UKM Aulia Home Industry merupakan kelompok usaha ibu-ibu rumah tangga yang bergerak di bidang penjualan produk seperti produk berbasis ikan, produk berbasis umbi-umbian, dan produk berbasis sagu. Karena dengan menjaga kualitas produk tersebut maka pelanggan tidak akan beralih ke toko lain dan tetap menggunakan produk dari Aulia Home Industry. Metode yang digunakan dalam   penelitian   ini   adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. populasi berjumlah 154 pelanggan dan sampel dalam penelitian sebanyak 250 pelanggan. Hasil perhitungan hipotesis secara persial bahwa nilai thitung(3,365), ttabel(0,971) dan nilai signifikan 0,001    0,05 sedangkan nilai thitung (3,612)  ttabel(0,971) dan nilai   signifikan   0,001   0,05.   Nilai   Fhitung(24,555)   Ftabel sebesar(2,10)   dengan tingkat signifikan 0,000 0,05. Harga dan kualitas produk secara persial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk oleh-oleh khas biak Aulia Home Industry. Besarnya koefisien determinasi dapat dilihat dari nilai   R Square 1,000. Hal ini berarti 10% bahwa keputusan pembelian yang dapat dijelaskan oleh variabel bebas harga dan kualitas produk sedangkan sisanya 10% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.

Published
2022-12-30
How to Cite
Sutrimono, S., Iriawan, H., & Arfayan, P. A. (2022). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI AULIA HOME INDUSTRY. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 17(2), 45-52. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v17i2.268
Abstract viewed = 157 times
PDF downloaded = 168 times