TINGKAT STRESS PESERTA DIDIK DALAM MASA PANDEMI COVID-19

(Studi Kasus Bunuh Diri Pada Siswa Efek Pendidikan Jarak Jauh)

  • Donny Siburian Universitas Sumatera Utara
Keywords: Kata Kunci: Bunuh diri; Pembelajaran Jarak-Jauh; Stress; Emile Durkheim

Abstract

Abstrak

Pandemi Covid 19 telah menjadikan banyak aspek kehidupan manusia berubah menyesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi. Pendidikan jarak jauh melalui jaringan (PJJ) sebagai cara yang dianggap paling relvan oleh pemerintah nyatanya memberikan sebuah fenomena baru ditengah-tengah pelajar. Mulai dari berdampak pada tingkat stress yang tinggi hingga berujung pada tindakan bunuh diri. Analisis sosiologis dalam tulisan ini berupaya mengeksplorasi secara kualitatif dan memberikan penjelasan terhadap fenomena bunuh diri di kalangan pelajar pada masa pandemic Covid 19 dengan menggunakan studi kasus dan teori bunuh diri oleh Emile Durkheim. Temuan memperlihatkan bahwa bunuh diri terjadi karena adanya gejala sosial yang terjadi dimana apabila seseorang tidak mampu mengikuti arus sosial atau perubahan.

 

Kata Kunci: Bunuh diri; Pembelajaran Jarak-Jauh; Stress; Emile Durkheim

References

Akbar Yuli Setianto, dkk. 2021. Sosiologi Pendidikan, Yayasan Kita Menulis.
Baety, Dwinda Nur & Munandar, Dadang Rahman. (2021). Analisis Efektifitas
Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal
Ilmu Pendidikan. 3(3). 880-889
Biroli, Alfan. (2018). Bunuh Diri Dalam Perspektif Sosiologi. Simulacra. 1(2). 215-221
Pawicara, Ruci & Conilie, Maharani. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap
Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember Di Tengah Pandemi
Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1), 29-38
Trisnawati, Wahyu & Sugito. (2021). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1). 823-831
Wardani, Anita & Ayriza, Yulia. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Menghadapi Anak
Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
5(1). 772-782
Rich, J. R. (2011). Your iPad 2 at work [e-book]. Retrieved from
American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.
Creswell, J, W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Traditions. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Irwan. (2017). Evaluasi Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5: Studi Kasus Pada Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – IISIP Yapis Biak. Gema Kampus IISIP
Siburian, Donny. (2021) "Agama Kristen dan Hoax: Peran Agama Kristen dalam Menekan Hoax." BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 4, no. 2 : 226-237.
Siburian, D. (2021). Menggugat Perceraian: Aspek-Aspek Kekerasan Gender Dalam Praktek Perceraian (Paulakhon) Pada Masyarakat Batak. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, 23(2), 211-225.
Published
2022-12-30
How to Cite
Siburian, D. (2022). TINGKAT STRESS PESERTA DIDIK DALAM MASA PANDEMI COVID-19 . Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 17(2), 28-35. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v17i2.245
Abstract viewed = 322 times
PDF downloaded = 249 times