ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM CABANG BIAK (Studi pada Kelompok Mata Pelajaran IPS)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengidentifikasi, mengintegrasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan kasus tunggal, sehingga strategi penelitian yang relevan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik nontes (angket, observasi, wawancara, dan dokumen). Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, penanaman nilai- nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik di dapati hampir berimbang antara sering dan kadang-kadang menanamkan. Hal ini ditunjukkan dengan persentasi siswa yang mengatakan bahwa guru sering menanamkan nilai-nilai karakter berupa pemberian suri tauladan atau contoh kepada peserta didik sebanyak 43%, terkadang ada juga guru yang menanamkan nilai-nilai karakter dengan menyisipkan pada materi pembelajaran dibuktikan dengan 45% siswa mengatakan kadang-kadang guru menanamkan nilai karakter kepada siswa, 10% siswa mengatakan guru selalu menanamkan nilai karakter, 2% siswa mengatakan guru tidak pernah menanamkan nilai-nilai karakter. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya sejarah di SMA Biak.
References
Ma’mur asmani, Jamal. 2012. Pendidikan Karakter Disekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Munib, Achmad.2007.Pengantar Ilmu Pendidikan. Biak: Unnes Press.
Muslich, Masnur.2007. KTSP Pembelajran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
_______. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi dimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Saud,Udin Syaefudin. 2005. Perencanaan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2022 Muhammad Nur Mahmud, Saleh Laha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.