KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA NORMAL BARU PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • Mohamad Sudi
  • Irwan Irwan IISIP YAPIS Biak
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Metode Pembelajaran, Normal Baru Covid-19

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang komunikasi interpersonal dalam penerapan metode pembelajaran pada masa  normal baru pandemi covid-19 pada tingkat Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Biak Numfor. Penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran beberapa Sekolah Dasar yang menjadi informan. Data diperoleh dengan cara wawancara mendalam, pengamatan berperanserta, dan studi dokumentasi, di mana analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama dalam mengimplementasikan komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tidak terlepas dari peran guru, sehingga keberhasilan suatu pembelajaran akan ditentukan oleh kemampuan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, komunikasi menjadi media paling efektif dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan menjadi aspek penting dalam keberhasilan komunikasi Interpersonal. Kedua, dalam penerapan metode pembelajaran tatap muka bergilir pada masa baru normal pandemi Covid-19 tidak terlepas adanya faktor penghambat dan pendukung, faktor penghambat mengaharuskan materi pelajaran atau kompetensi dasar banyak dikurangi atau dipersempit, siswa dapat menerima materi secara utuh yang mengharuskan siswa melanjutkan belajar di rumah, dan selain itu guru dituntut menyampaikan ulang materi pelajaran yang sama diwaktu yang berbeda. Sementara faktor pendukungnya adalah keterlibatan orang tua siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, hal ini bertujuan agar kontrol siswa tidak hanya disekolah namun juga dapat dilakukan dirumah. Jalinan komunikasi secara personal antara guru, siswa dan orang tua memungkinkan keberhasilan dalam kegiatan proses belajar mengajar selama masa normal baru covid-19.

References

Afandi, M., Chamalah, Eva. & Wardani, O. P., 2013. Model dan Metode Pebelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.
AW, Suranto, 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Badudu, J. & Zain, S. M., 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Sinar Harapan.
Effendy, O. U., 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
......................, 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Habibi, A., 2020. "Normal Baru Pasca Covid-19". Jurnal ADALAH: Buletin Hukum & Keadilan. Vol. 1, No. 4, Hal. 197-204.
Harapan, E. & Syarwani, A., 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kamsinah, 2008. "Metode Dalam Proses Pembelajaran: Studi Tentang Ragam dan Impelementasinya ". Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 11 No. 1, Hal. 101-114.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2020. "Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat Di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Desease 2019 (Covid-19)". [Online] Available at: (http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/KMK_No__HK_01_07-MENKES-382-2020_ttg_Protokol_Kesehatan_Bagi_Masyarakat_di_Tempat_dan_Fasilitas_Umum_Dalam_Rangka_Pencegahan_COVID-19.pdf). Di akses pada tanggal 19 Maret 2021 Pukul 11.30 WIT.
......................, 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020. "SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19". [Online]
Available at: (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19). Diakses pada tanggal 19 Maret 2021 Pukul 10.15 WIT.
......................, 2020. "SKB Pembelajaran Tatap Muka". [Online]
Available at: (https://covid19.go.id/storage/app/media/Regulasi/2020/November/Salinan%20SKB%20PTM.pdf). Di akses pada tanggal 19 Maret 2021 Pukul 14.33 WIT.
Marzuki, 2000. Metodologi Riset. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universita Islam Indonesia.
Mas'udi, W. & Winanti, P. S., 2020. "Baru Normal". Dalam: BARU NORMAL: Perubahan Sosial Ekonomi dan Politik Akibat Covid-19. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Merpaung, E., 2020. "COVID-19 Dan Baru Normal: Sudut Pandang Sosiologis". [Online] Available at: (https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29774.08009). Diakses pada tanggal 14 April 2021 Pukul 11.21 WIT.
Mulyana, D., 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H., 2005. Metodoligi Peneletian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nazir, M., 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurdin, I. & Hartati, S., 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nuryatin, S., 2020."Adaptasi Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era Baru Normal". [Online] Available at: (https://doi.org/10.31219/osf.io/nd72p). Diakses pada tanggal 14 April 2021 Pukul 15.14 WIT.
Purwanto, A., Pramono, Rudy; Asbari, Masduki; Santoso, Priyono Budi; Wijayanti, Laksmi Mayesti; Hyun, Choi Chi; Putri, Ratna Setyowati. 2020. "Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar". Journal Of Education, Psychology and Counseling. Vol. 1, No. 1, Hal. 1-12.
Rohim, S., 2009. Teori Komunikasi, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Safitri, R. S. & Retasary, M., 2020. "Strategi Komunikasi Guru SMA Alfa Centauri Bandung Masa Pembelajaran Online di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial.Vol. 4, No. 1, Hal. 64-77.
Setiono, F., 2013. Komunikasi Organisasi. Surabaya: SMMAS.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
..............., 2018. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Interpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Suriani, 2016. "Penerapan Metode Pembelajaran Efektif Dalam Megoptimalkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMP Guppi Samata". Skripsi S1 Tarbiyah dan Keguruan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Maskassar.
Tahrus, Z., 2020. "Dunia Dalam Ancaman Pandemi: Kajian Transisi Kesehatan dan Moralitas Akibat Covid-19". [Online] Available at: (https://www.researchgate.net/publication/340224377). Diakses pada tanggal 15 April 2021 Pukul 14.40 WIT.
Wahab, A. & Solichin, 1990. Pengantar Analisis Kebijaksanaan Negara. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wedi, A., 2016. "KONSEP DAN MASALAH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran". Jurnal Edcomtect Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Hal. 21-28.
Widjaja, AW., 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Yuliana, 2020. "Corona Virus Disease (COVID-19); Sebuah Tinjauan Literatur". Jurnal Wellness And Healthy Magazine, Vol. 2, No. 1, Hal. 187-192.
Published
2022-04-30
How to Cite
Mohamad Sudi, & Irwan, I. (2022). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA NORMAL BARU PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BIAK NUMFOR . Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 17(1), 23 - 32. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v17i1.219
Abstract viewed = 539 times
PDF downloaded = 316 times