ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN KEPENTINGAN PENGGUNA LAYANAN KPPN BIAK PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan kepentingan satuan kerja terhadap layanan yang diberikan oleh KPPN Biak selama masa pandemi covid-19 dengan membandingkan tingkat kepuasan dan kepentingan satuan kerja terhadap layanan KPPN Biak tahun 2020 dan 2019. Selain itu adapun tujuan lainnya dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas upaya yang dilakukan KPPN Biak dalam menjaga tingkat kepuasan layanan yang diberikan kepada satuan kerja selama masa pandemi covid 19. Ketidakpastian akan berakhirnya pandemi covid 19 membuat KPPN Biak harus mengambil langkah-langkah strategis guna menjaga tingkat kepuasan satuan kerja. Adanya perubahan drastis sistem layanan dari tatap muka langsung menjadi sistem online bisa mempengaruhi kepuasan satuan kerja terhadap layanan KPPN Biak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari hasil kuesioner kepada responden. Jumlah responden yang dilakukan survei adalah sebanyak 19 satuan kerja dari total 51 satuan kerja yang ada di Kabupaten Baik dan Kabupaten Supiori. Hasil penelitian menunjukkan yakni : 1) Tingkat kepuasan dan kepentingan satuan kerja terhadap layanan yang diberikan oleh KPPN Biak selama masa pandemi covid 19 memperlihatkan peningkatan nilai indeks kepuasan satuan kerja semester I Tahun 2020 sebesar 0,01 dibandingkan dengan hasil yang diperoleh pada periode yang sama tahun 2019. 2) Berbagai upaya yang dilakukan oleh KPPN Biak untuk menjaga tingkat kepuasan satuan kerja selama masa pandemi covid 19 terbukti cukup efektif dalam menjaga kepuasan satuan kerja terhadap layanan KPPPN Biak dengan naiknya nilai rata-rata tingkat kepuasan satuan kerja semester I Tahun 2020 sebesar 1,67 dibandingkan dengan hasil tahun 2019.