PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, PERHATIAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 KUSAMBI
Abstract
Abstrak
Darlin, 2017. Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru, Perhatian Orang Tua, dan Pemanfaatan Waktu Belajar di Rumah dengan Hasil Belajar matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kusambi.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kusambi, 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kusambi, dan 3) Hubungan pemanfaatan waktu belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kusambi. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kusambi tahun ajaran 2017/2018 atau 35% yaitu berjumlah 33 dari 80 siswa. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui instrument, angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik stastitik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi Profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 22,9%. Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 51,3%. Dan pemanfaatan waktu belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 49,4%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru, perhatian orang tua, dan pemanfaatan waktu belajar di rumah dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kusambi.